7 Rumus Excel Yang Paling Sering Saya Pakai dalam Pekerjaan

Sebagai seorang yang bekerja di bagian akuntansi dan keuangan, saya hampir selalu menggunakan Excel dalam pekerjaan sehari-hari.

Perkenalan saya dengan software spreadsheet tersebut terjadi sekitar 8 tahun lalu, tepatnya bulan Maret 2012.

Waktu itu, saya pertama kali bekerja sebagai costing analyst di salah satu perusahaan minuman di Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Hari pertama bekerja, saya terkesima melihat atasan saya yang menurut saya pada waktu itu begitu mahir dalam menggunakan Excel.

Dalam worksheet Excelnya, atasan saya menggunakan berbagai macam formula dan fitur yang sangat asing bahkan baru pertama kali saya dengar. Seperti sumif, vlookup, hingga PivoTable.

Hari demi hari, saya mulai terbiasa menggunakan Excel. Saya juga mulai mahir menggunakan rumus-rumus Excel serta shortcut keyboard yang mempercepat pekerjaan.

Dari kemampuan menggunakan Excel, didukung dengan pengetahuan tentang cost accounting dan akuntansi, saya banyak mendapat tawaran pekerjaan dari LinkedIn. Sehingga, dalam kurun waktu 4 tahun, saya berpindah-pindah hingga ke tiga perusahaan dengan peningkatan salary dan jabatan yang menurut saya cukup lumayan.

Dari pengalaman saya menggunakan Excel berkaitan dengan pekerjaan saya sebagai seorang akuntan, ternyata hanya beberapa formula yang paling sering saya pakai.

Artinya, jika Anda baru lulus kuliah dan berencana berkarir di bidang akuntansi dan keuangan, Anda hanya perlu melatih beberapa rumus Excel saja, tidak perlu menguasai semua formula dan feature yang ada pada software tersebut.

Hal ini sejalan dengan prinsip master bela diri, Bruce Lee. Dalam kutipannya yang sangat terkenal, Bruce Lee mengatakan,

“I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times.”

Terjemahannya kurang lebih begini.

“Saya tidak takut dengan seorang yang berlatih 10,000 jurus tendangan tapi hanya (masing-masing) sekali. Akan tetapi, saya takut dengan seorang yang berlatih satu jurus tendangan 10,000 kali.”

Kalau prinsip ini kita terapkan dalam mempelajari rumus Excel, kita hanya perlu mempelajari beberapa rumus saja yang paling sering digunakan sampai mahir, ketimbang mempelajari semua rumus padahal jarang atau tidak pernah digunakan.

Lantas, rumus apa aja sih yang paling sering saya pakai dalam pekerjaan saya sebagai seorang akuntan? Berikut ini adalah 9 rumus Excel yang paling sering saya gunakan.

1. SUM

Rumus yang satu ini paling sering saya gunakan dalam membuat laporan keuangan. Rumus SUM ini sama fungsinya dengan penjumlahan pada operasional Matematika.

Bedanya, dengan menggunakan rumus SUM kita bisa menjumlahkan range atau beberapa cell sekaligus. Sebagai contoh, jika kita menggunakan simbol + untuk menjumlahkan cell A1 sampai A5, formulanya adalah =A1+A2+A3+A4+A5.

Dengan menggunakan SUM, formulanya menjadi =SUM(A1:A5). Lebih mudah bukan?

2. IF

Rumus kedua yang sering saya gunakan adalah rumus IF. Rumus ini digunakan jika kita menginginkan suatu hasil dengan kondisi tertentu.

Misalnya, saya ingin menghitung bonus tenaga penjualan (sales) jika melebihi target (lebih dari 100%). Pada kondisi seperti ini, saya bisa menggunakan rumus IF.

3. SUMIF dan SUMIFS

Rumus yang ketiga adalah SUMIF dan SUMIFS. Rumus ini merupakan gabungan dari rumus pertama dan kedua. Fungsi dari kedua rumus ini adalah untuk menjumlahkan data dengan kriteria tertentu.

SUMIF digunakan untuk menjumlahkan data dengan 1 kriteria. Sedangkan, SUMIFS digunakan untuk menjumlahkan data lebih dari 1 kriteria.

4. SUBTOTAL

Fungsi dari rumus ini mirip dengan rumus SUM. Kelebihannya, dengan rumus SUBTOTAL ini kita bisa menjumlkan data yang ada nilai subtotalnya, tapi tidak membuat perhitungannya menjadi double.

5. VLOOKUP

Rumus kelima ini merupakan yang paling populer di kalangan pengguna Excel. Seseorang belum merasa jago excel jika belum menguasai rumus yang satu ini.

Fungsi dari rumus VLOOKUP ini adalah untuk mengambil suatu data pada sebuah database dengan merujuk pada value yang spesifik.

Sebagai contoh, kita ingin mengambil data seorang karyawan dari database atau tabel data karyawan menggunakan nomor ID karyawan. Jika nomor ID karyawan yang ingin kita cari datanya tersebut ada pada databaes karyawan, maka kita bisa mengambil data tesebut.

6. LEFT, MID, dan RIGHT

Ketiga rumus ini digunakan untuk mengambil beberapa karakter yang dibutuhkan pada suatu cell. Rumus LEFT digunakan untuk mengambil karakter dari kiri ke kanan sebanyak n karakter dimulai dari karakter pertama. Rumus MID digunakan untuk mengambil karakter dari kiri ke kanan tidak harus dari karakter pertama. Sedangkan, rumus RIGHT digunakan untuk mengambil karakter dari kanan ke kiri dari (kebalikan dari fungsi LEFT.

7. MATCH

Rumus MATCH ini saya gunakan untuk mencari apakah sebuah value pada suatu tabel terdapat pada tabel lainnya. Fungsi ini biasanya saya gunakan untuk mengetahui apakah suatu range mengalami perubahan atau tidak.

Misalnya, data stock atau inventory, jika ada pembelian atau penambahan inventory yang baru, dengan menggunakan rumus MATCH ini, kita bisa dengan mudah mengetahui apakah suatu material sudah ditambahkan pada data inventory atau belum. Jika belum ada, kita bisa menambahkan material tersebut pada daftar inventory yang sudah ada sebelumnya.

Selain itu, fungsi ini sering saya gunakan dalam melakukan rekonsiliasi, misalnya rekonsiliasi bank, maupun rekonsiliasi transaksi pada general ledger transaksi keuangan.

8. TEXT

Rumus TEXT merupakan fungsi yang sangat penting, namun jarang digunakan oleh pengguna Excel. Dengan rumus ini, kita memodifikasi tampilan suatu cell. Sebagai contoh, dengan fungsi ini kita bisa menampilkan tanggal dan mata uang dalam berbagai variasi.

Dengan fungsi ini, kita bisa mengubah tampilan tanggal dari 02/01/2020 menjadi hanya tanggal, bulan atau tahunnya saja. Selain itu, dengan rumus TEXT ini kita bisa mengubah tampilan mata uang 1.000.000.000 menjadi 1M.

9. IFERROR

Rumus IFERROR merupakan rumus yang bertujuan mengubah nilai error dengan data lainnya yang lebih friendly. Misalnya, kita bisa mengubah error #N/A menjadi kalimat “Data tidak tersedia” pada saat menggunakan rumus VLOOKUP.

Demikian tadi 9 rumus Excel yang sering saya gunakan dalam pekerjaan sehari-hari sebagai seorang yang bekerja di bidang akuntansi dan keuangan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.